Visi dan Misi

Sesuai dengan visi Universitas menjadi universitas unggul yang berstandar internasional dan visi Fakultas sebagai fakultas yang unggul dan terdepan dalam penguasaan dan pengembangan keilmuan dan keterampilan dibidangnya, maka rumusan visi Program Studi S1 Teknik Informatika (PSTI) adalah menjadi Program Studi unggulan yang mampu menyediakan tenaga ahli yang kompeten, memiliki integritas kepribadian tinggi, tanggap terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS), dan tuntutan masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahlian teknik informatika, yaitu sistem informasi, dan rekayasa perangkat lunak.

Misi Fakultas Teknik adalah meraih keunggulan dalam proses belajar mengajar dalam bidang keteknikan sehingga menghasilkan lulusan yang professional sesuai dengan perkembangan zaman, melalui penciptaan atmosfer akademik yang kondusif bagi pengembangan intelektualitas, profesionalitas, serta kepribadian staf dan mahasiswa serta membangun jaringan dengan masyarakat melalui pertukaran ilmu dan teknolgi secara cultural dan edukasional.     

Berdasarkan visi Fakultas Teknik, maka Visi dan Misi Program Studi Teknik Informatika adalah sebagai berikut :

VISI

  • Menjadi Program Studi Teknik Informatika Unggulan Nasional Berbasis Riset pada tahun 2020

MISI

  • Menyelenggarakan kegiatan pendidikan Teknik Informatika untuk menjamin perkembangan dan peningkatan kualitas, akuntabilitas, fungsi dan peran program studi.
  • Menciptakan suasana akademik yang kondusif bagi civitas akademika untuk secara aktif baik individu maupun kolektif untuk berkembang sesuai etika dan keilmuan.
  • Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang meningkatkan pemanfaatan sains dan literasi teknologi informasi dan komunikasi masyarakat.
  • Menjalin kemitraan dengan berbagai lembaga, baik dalam maupun luar negeri

Dengan Visi dan Misi yang telah ditentukan tersebut maka dengan tekad yang bulat prodi informatika memusatkan pada tujuan-tujuan berikut :

  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik, professional dan berdaya saing global di bidang Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Komputasi. memiliki jiwa enterpreneurship, mampu menerapkan ilmu yang dimiliki bagi dunia usaha, industri dan pemerintahan, memiliki apresiasi yang baik terhadap perkembangan teknologi informasi, serta memiliki keahlian berkomunikasi, hubungan antar personal dan negosiasi dalam rangka memenuhi kebutuhan stakeholder melalui pelaksanaan kurikulum yang telah ditentukan guna mencapai kompetensi yang ditetapkan yang dibarengi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia (dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa).
  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas serta kerjasama penelitian sesama dosen dan penelitian yang melibatkan mahasiswa pada topik-topik penelitian di bidang teknik informatika baik yang dapat diterapkan di dunia usaha, industri dan pemerintahan maupun yang bersifat pengembangan sains.
  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk keterlibatan perguruan tinggi untuk memberikan sumbangsih dalam bentuk pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (sebagai bentuk corporate social responsibility).
  • Meningkatkan hubungan dan kerjasama institusional (kelembagaan) dengan berbagai pihak (stakeholders) yang saling menguntungkan untuk mendukung pengembangan bidang teknik informatika.
 Kategori
`