Sejarah

Program Studi S1 Teknik Informatika merupakan salah satu program studi yang bernaung di bawah pengelolaan Fakultas Teknik, Universitas Bengkulu. Program Studi Teknik Informatika telah berdiri sejak tahun 2003 bersamaan dengan didirikannya Fakultas Teknik Universitas Bengkulu, beserta tiga program studi Teknik lainnya yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro.

Perkembangan Program Studi Teknik Informatika dimulai dengan SK Pendirian dari MENDIKBUD Nomor 2294/D/T/2003 tertanggal 5 September 2003 yang ditandatangani oleh Pejabat Satryo Soemantri Brodjonegoro. Dengan adanya sumber daya manusia yang telah dipersiapkan sebelumnya, baik melalui tugas belajar ke luar negeri maupun berbagai kegiatan pengembangan ilmu komputer yang dilakukan oleh stafnya, maka Program Studi Teknik Informatika mulai menyelenggarakan Program Studi Ilmu Komputer untuk jenjang S1 yang bernaung di bawah Fakultas Teknik UNIB.

Pada saat ini Program Studi S1 Teknik Informatika diperkuat dengan 13 dosen tetap dan 2 dosen tidak tetap, dimana 2 dosen memiliki kualifikasi S3, sisanya sejumlah 13 dosen memiliki kualifikasi S2. Dosen Program Studi S1 Teknik Informatika berasal dari berbagai bidang ilmu informatika, komputer, dan matematika. Keseluruhan dosen tersebut memiliki bidang keahlian yang beragam, yaitu Komputasi, Basis Data, Interaksi Manusia Komputer, Analisa Perancangan Sistem, Kecerdasan Buatan, Sistem Pendukung Keputusan, Arsitektur dan Organisasi Komputer, Jaringan Komputer, Data Mining, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Pengolahan Citra Digital.

Sebagai Program Studi terfavorit maka Program Studi S1 Teknik Informatika terus berpacu untuk meningkatkan kualitasnya agar mampu menciptakan lulusan yang berkompeten dan mampu berkompetisi. Potensi pengembangan Program Studi S1 Teknik Informatika masih sangat terbuka. Sebagai satu-satunya PTN yang ada di Propinsi Bengkulu maka kontribusi dari Program Studi S1 Teknik Informatika sangat diharapkan menjadi motor penggerak pembangunan wilayah Propinsi Bengkulu dan mengembangkan SDM daerah yang menguasai teknologi informasi.

 Kategori
`