Peraturan Akademik

Peraturan mengenai penilaian hasil belajar mahasiswa mengacu pada peraturan Rektor Universitas Bengkulu. Nilai akhir matakuliah dilakukan berdasarkan nilai  tugas (T), ujian tengah semester (UTS), dan ujian akhir semester (UAS). 

Dosen Pembimbing Akademik dituntut untuk berperan mengarahkan dan memonitor keberhasilan belajar mahasiswa di bawah perwaliannya. Apabila ada permasalahan, dosen Pembimbing Akademik dapat memberi arahan atau solusi bagi mahasiswanya. 

Monitoring kemajuan belajar mahasiswa ditempuh dengan dua evaluasi: evaluasi pertama dilakukan pada akhir semester keempat. Mahasiswa dianggap lolos evaluasi tahap pertama ini apabila telah mengumpulkan 40 SKS dengan IPK minimal 2,00. Evaluasi tahap kedua dilakukan pada akhir semester keenam. Mahasiswa harus lolos evaluasi tahap kedua dengan mengumpulkan minimal 100 SKS dengan IPK tidak kurang dari 2,00.

Seorang mahasiswa dikatakan dapat menyelesaikan masa studinya dengan syarat : (a) telah menempuh SKS minimal sebanyak 147 SKS, (b) memiliki Indek Prestasi komulatif minimal 2. 


Penilaian
Evaluasi dilaksanakan berdasarkan prinsip kesesuaian, akuntabilitas, transparansi, kejujuran dan keadilan. Evaluasi dapat dilakukan dengan  ujian, tugas, dan observasi. Evaluasi terhadap mahasiswa untuk suatu mata kuliah tertentu pada hakekatnya dilakukan setiap semester berdasarkan pada penampilan dan prestasi akademik mereka dalam semester, antara lain dengan melihat jumlah kehadiran , hasil ujian tengah semester, pelaksanaan tugas-tugas, dan ujian akhir semester. Penilaian yang dilakukan didasarkan pada dua cara yaitu (a) penilaian acuan pokok; (b) penilaian acuan norma. Nilai akan diberikan sesuai dengan tingkat pemahaman mahasiswa, seperti sangat baik (dengan huruf A; dengan angka 4), baik (B; 3), cukup (C; 2), kurang (D; 1), dan gagal (E; 0).


Yudisium
Yudisium kelulusan adalah predikat yang diberikan kepada seorang mahasiswa berdasarkan pada penilaian akhir yang menunjukkan prestasi akademik selama mengikuti jenjang program pendidikan. Penentuan yudisium didasarkan pada indeks prestasi yang telah dicapai selama mengikuti pendidikan, yaitu 2,00 – 2,75 predikat memuaskan; 2,76 – 3,50 predikat sangat memuaskan dan 3,51 – 4,00 predikat cumlaude.

 Kategori
`